Tuesday, March 23, 2010

Bintang Djarum 2009 Bagian 6


Fran Kurniawan : Penakluk Juara Olimpiade


Pemuda kelahiran Palembang 24 tahun lalu mengawali karirnya di dunia bulutangkis saat menginjak usia 12 tahun. Dengan tubuh tinggi menjulang sekitar 180 cm Fran Kurniawan mempunyai deretan prestasi yang mengesankan. Sebelum menginjakkan kakinya menjadi pasukan pelatnas Cipayung, lelaki penggemar pempek ini bermain di dua nomor. Berpasangan dengan Rendra Wijaya, sempat beberapa kali mencicipi menjadi juara, begitu juga saat bermain ganda campuran dengan Shendy Puspa Irawati. Bahkan Fran Kurniawan / Shendy Puspa irawati sempat bercokol di peringkat 15 Dunia untuk ganda campuran.


Atas prestasi inilah, PBSI memanggil kembali Fran untuk bergabung ke pemusatan latihan Nasional awal tahun 2009. Bulan-bulan pertama bergabung di Pelatnas, Fran tidak mempunyai pasangan tetap. Shendy yang merupakan pasangan mainnya saat di klub Djarum dikonsentrasikan pada sektor ganda putri. Akhirnya pada bulan Maret lalu, Pelatih memutuskan untuk menggandengkan Fran Kurniawan dengan Pia Zebadiah Bernadeth, yang saat itu memilih untuk beralih dari pemain tunggal ke pemain ganda campuran. Hasilnya tidak terlalu mengecewakan. Bermain untuk pertama kalinya pada saat mereka digabungkan, mereka langsung melesat menjadi finalis pada kejuaraan Vietnam Challenge 2009. Mereka hanya kalah dari Tantowi Ahmad / Richie Puspita Dilli di babak final.


Untuk lebih meningkatkan lagi performa mereka berdua, PBSI menggenjot Fran dan Pia ke turnamen yang lebih tinggi tingkatannya. Djarum Indonesia Open Super Series 2009 menjadi laga perdana mereka di turnamen berkategori Superseries. Meski harus merangkak dari babak kualifikasi, penggemar film naga bonar 2 ini akhirnya hanya baru bisa berbicara hingga babak kedua.


Kemudian Fran/Pia meraih gelar pertama mereka sebagai pasangan baru direbut pada saat menjadi juara ganda campuran di New Zaeland Grand Prix 2009 yang berhadiah total USD 50.000. Unggulan pertama asal Hongkong, Yohan Hadikusuma/ Hoi Wai Chai berhasil mereka tundukkan di final dengan skor 21-13 dan 21-19.


Penampilan terbaik Fran - Pia di tahun 2009 di ajang Super Series adalah pada saat kejuaraan Hongkong Super Series 2009. Saat itu Fran - Pia mampu menumbangkan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 Lee Yong Dae / Lee Hyo Jung hanya dengan dua set langsung. Meski akhirnya mereka harus mengakui senior mereka Hendra AG / Vita Marisa di babak perempat final.


Fran masih menaruh harapan besar pada prestasinya di masa yang akan datang. Mimpinya untuk menjadi juara dunia serta menjadi pemain nomor satu dunia akan menjadi penyemangat untuk mewujudkan cita-citanya. (AR/hk/yew)


Sumber : http://www.pbdjarum.com/artikel/view/78/1



No comments:

Post a Comment